Bingung Langsung Nikah Atau Tunangan Dulu? Yuk, Simak Ulasannya Berikut Ini


Setelah menyelesaikan pendidikan, baik wanita maupun pria akan dihadapakan dengan yang namanya pernikahan. Banyak yang bertanya yang seolah pernikahan merupakan hal yang sepele. Untuk orang yang sangat memikirkan masa depan tentu sangat sulit untuk menjawab hal tersebut. Menikah bukanlah perkara yang hanya menucapkan ijab qabul kemudian selesai. Menikah merupakan janji yang harus dipegang dihadapan tuhan dan banyak orang. Nah, bagi Anda yang masih merasa belum siap pasti akan sulit memutuskan hal tersebut. Apalagi bagi seorang pria yang merupakan imam dan pemimpin untuk keluarganya. Kesiapan yang belum cukup membuat pria menjadi tidak tenang.

Dalam mempersiapakn pernikahan banyak hal yang harus Anda dan pasangan persiapkan. Tak hanya dalam hal memilih cincin kawin saja namun banyak hal yang harus dipersiapkan. Hal yang paling penting yang harus Anda persiapkan dengan pasangan adalah kesiapan diri Anda dengan pasangan. Setelah Anda menjalin pacaran, biasanya Anda akan dihadapkan pada pilihan pertunangan atau langsung menikah.

Untuk memilih diantara kedua hal tersebut tentu tidaklah mudah oleh karena itu Anda harus mengambil keputusan secara tepat. Berikut ini beberapa pertimbangan yang bisa membantu Anda untuk memilih langsung nikah atau tunangan dulu.

1. Karir harus dipikirkan

Sebelum mengambil keputusan antara langsung menikah atau tunangan dulu, maka diskusikan dengan calon pasangan Anda apakah pencapaian karir yang ingin dicapai. Biasanya setelah menikah, wanita harus lebih bisa membagi waktu antara karir dan keluarga. Jika Anda dan pasangan telah membuat kesepakatan dan saling mendukung karir satu sama lain, maka tak ada salahnya untuk memilih bertunangan terlebih dahulu. Dalam masa pertunangan ini Anda dan pasangan bisa mencapai puncak karir sebelum menikah.

2. Memantapkan hati itu sangat diperlukan

Untuk pasangan yang sudah mantap dan yakin satu sama lain, maka tak ada salahnya untuk langsung menikah saja. Akan tetapi jika Anda masih ingin memantapkan hati, maka Anda bisa bertunangan terlebih dahulu dengan kurun waktu setidaknya 12 bulan. Dalam masa pertunangan, Anda dan pasangan bisa semakin dekat dan lebih mengerti satu sama lain. Jika memang kamu masih ragu dengan orang yang kamu pilih lebih baik jangan bertunangan terlebih dahulu apalagi menikah. Pikirkan secara matang langkah yang kamu pilih karena akan menentukan masa depanmu.

3. Konseling Pra-Nikah agar mendapatkan pelajaran

Bagi Anda yang sudah bertunangan, maka tak ada salahnya untuk mengikuti konseling pranikah yang bisa membantu Anda dan pasangan untuk lebih siap dalam menghadapi pernikahan. Kamu bisa mendapatkan banyak manfaat dan pengetahuan tentang rumah tangga atau pernikahan jika kamu mengikuti konseling.

4. Lama pertunangan

Jika Anda memutuskan untuk bertunangan, maka pertimbangkan secara matang lama masa pertunangan. Masa pertunangan ini sebaiknya tidak terlalu lama agar tak menyurutkan niat menikah kedua pasangan. Dan juga jangan cepat memutuskan pertunangan. Gagal menuju ke jenjang pernikahan setelah bertunangan juga merupakan kejadian yang sangat memalukan dan akan membuatmu sakit hati. Nah, sebelum melakukan lebih baik dipikir terlebih dahulu. Kamu harus melihat seberapa besar cintanya dan keseriusannya.

Itulah penjelasan mengenai bingung memilih langsung nikah atau tunangan dulu. Berdasarkan pertimbangan di atas diharapkan dapat membantu Anda agar memiliki gambaran dalam mengambil keputusan. Jika Anda memutuskan untuk tunangan dulu, maka cincin tunangan bisa menjadi simbol jalinan komitmen untuk menuju jenjang yang lebih serius dengan pasangan. Nah, bagi Anda yang ingin langsung menikah tidak ada salahnya. Yang terpenting dalam menentukan kedua hal tersebut hai kamu sudah mantap memilihnya agar cincin nikah yang dipakai tidak sia-sia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *